FAKTOR PENGHAMBAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kata Kunci:
Keaktifan Belajar, Partisipasi siswa, Pendidikan Agama Islam, Penghambat BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP Negeri 1 Panyabungan yang terletak Kecamatan Panyabungan Kota, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Indonesia. Penelitian berbentuk kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam terhadap siswa, guru PAI dan kepala sekolah. Temuan penelitian menunjukkan beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini juga menemukan siswa yang kurang aktif mengikuti pembelajaran PAI karena faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi rendahnya motivasi dan rasa percaya diri. Faktor eksternal meliputi metode pengajaran yang kurang efektif, kondisi lingkungan belajar yang kurang memuaskan, serta fasilitas dan sarana pembelajaran yang kurang memadai. Penelitian ini menyarankan inovasi pembelajaran, pembelajaran berbasis diskusi serta penggunaan media digital sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.