PENINGKATAN PEMAHAMAN PENALARAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO YOUTUBE

Penulis

  • Lia Rista Universitas Bumi Persada, Lhokseumawe, Indonesia

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Penalaran, Video Youtube

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan penalaran siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video youtube. Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan observasi dan tes pemahaman konsep dan penalaran siswa ditemukan permasalahan yaitu rendahnya penalaran siswa, ditemukan bahwa penyebabnya yaitu karena proses mengajar pendidik di kelas menggunakan metode pembelajaran hafalan dan penugasan, hal tersebut dikarenakan penggunaan media video yang kurang di saat proses mengajar berlangsung. Penelitian in merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, diamana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan kemampuan pemahaman konsep siswa, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model Kemmls & Mc Taggar yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaa terdapat peningkatan kemampuan penalaran siswa pada mata pelajaran matematika. Siklus I nilai rata rata siswa mencapai 65% . Kemudian selanjutnya dilakukan perbaikan, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 83,5 % sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 7 siswa (29%). Pada siklus 1 siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 12 siswa (45%). Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai mancapai KKTP sebanyak 19 siswa (83,67%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan video yootube dapat meningkatkan pemahaman penalaran pembelajaran matematika Kelas VII pada SMP Swasta Alfathani.Lhoksukon sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran matematika.  

Referensi

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Peserta didik. Jurnal Al-Muta'aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80-88

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Arikunto, S, (2013). Prosedur penelitian sutau pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemnetrian Pendidikan dan Kebudayaan

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemnetrian Pendidikan dan Kebudayaan

Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80.

Lestari, R. (2017). Pengunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. The Second Progressive and Fun Education Seminar, 607–612.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslem, A., Zulfikar, T., Ibrahim, I. H., Syamaun, A., Saiful, , & Usman, B. (2019). The Impact of Immersive Strategy with English Video Clips on EFL Students’speaking Performance: An Empirical Study At Senior High School. Teaching English with Technology, 19(4), 90-103.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Rista, L. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN PENALARAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO YOUTUBE. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 3(1), 22–26. Diambil dari https://jpbp.unbp.ac.id/index.php/jurnalpendidikan/article/view/42

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.