PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PUTRA BANGSA LHOKSUKON
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi siswa Dengan Strategi Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas X., serta langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran project based learning sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pelajaran menulis teks Eksposisi. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dalam 2 fase masing-masing dalam 4 tahap, yaitu: tahap Perencanaan, Pelaksanaan Pengujian, Observasi, dan Evaluasi. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk soal yang diujicoba pada siswa kelasX SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon. Hasil tes tersebut dianalisis, dievaluasi, serta ditarik kesimpulan. Objek penelitian yaitu siswa kelas X yang berjumlah 24 orang. Hasilpenelitian dalam penerapanmetode pembelajaran project based learning pada materi menulis teks eksposisi yaitu; terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Putra bangsa Lhoksukon. Pada Fase I dari 24 orang siswa kelas X, hasil belajar siswa tersebut belum mencukupi standar indikator yang ditetapkan yaitu 75%. Pada Fase II hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan bahwa; terdapat 70,83% siswa kategori sangat baik, 29,17% kategori baik, 0% kategori cukup, 0% kategori kurang, dan 0% kategori sangat kurang. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah mencukupi standar indikator yang ditetapkan pada capaian 75% siswa minimal mendapatkan nilai 69. Pada penilaian ketuntasan hasil belajar dari 24 siswa kelas X sudah mencapai tuntas hasil belajarnya karena hanya 17 siswa yang dinyatakan tuntas dengan persentase 82.35% dan 5 siswa yang dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 17,64%. Sehingga hal ini menandakan bahwa aktivitas belajar mengajar berhasil serta menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan siswa pada Fase II dengan penerapan langkah-langkah metode pembelajaran project based learning yang terdiri dari: pertanyaan mendasar, perencanaan, membuat jadwal aktifitas, pengawasan, penilaian hasil kerja, dan evaluasi pengalaman.
Referensi
Akhadiah, S., Maidar, G.A., dan Sakura, H.R. 1989. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwasilah, A. Chaedar an Suzanna Alwasilah. 2005. Pokoknya Menulis; Cara Baru Menulis dengan Strategi pembelajaran Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Algensindo.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Pengujian Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Dilab (2021) Pahami Proses dan Macam Strategi pembelajaran Analisis Data Kuantitatif
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fajri, Fatiha. 2013. “Model Pembelajaan Take and Give terhadap Pembelaaran Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimental terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Bandun Tahun Ajaran 2012/2013)”. Skripsi S1. Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang FBS UPI.
Gie, The Liang. 2012. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Hardiyanto, Edwan. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Teknik Tanya Jawab Pada Siswa”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, hlm. 69-75.
Harjanto.(2011). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Reneka Cipta Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madya, Suwarsih. 2011. Teori dan Praktik Penelitian Pengujian (Action Research). Bandung: Alfabeta.
Nasucha, Yakub, dkk. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Oemar Malik, (2012). Proses Belajara Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjiono, Anas. (1995). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiarto, Alfin. 2012. “Keefektifan Teknik Think-Pair-Share (Berpikir- Berpasangan-Berbagi) dalam Pembelajaran Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Bantul”. Skripsi SI. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY.
Sugiyono. (2009). Strategi pembelajaran Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet