IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MULTIMEDIA PADA SISWA KETERBATASAN INTELEKTUAL

Penulis

  • Sri Hartini stkip bumi persada

Kata Kunci:

Keterbatasan intelektual, Kuasi Eksperimen, Bilangan

Abstrak

Implementasi media pembelajaran mengenal bilangan adalah pembelajaran yang bertujuan mendorong peserta didik untuk belajar lebih menarik dengan pengenalan bilangan dalam bentuk kebun bilangan yang disajikan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran mengenal bilangan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini (1) bagaimana hasil belajar siswa? (2) bagaimana perbedaan hasil belajar menggunakan pembelajaran dengan menerapkan aplikasi multimedia dengan pembelajaran konvensional?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa keterbatasan intelektual SLB Negeri Bina Bangsa Syamtalira Aron. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan pengolahan data menggunakan uji-t dan persentase. Dari hasil penelitian dapat (1) Hasil belajar siswa secara individual tuntas dengan KKM  65 dan secara klasikal 86,67% dinyatakan tuntas. (2) Hasil statistik uji-t pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,5 > 2,48, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan aplikasi multimedia lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensial pada materi mengenal bilangan di kelas siswa keterbatasan intelektual SLB Negeri Bina Bangsa Syamtalira Aron.

File Tambahan

Diterbitkan

01-11-2021

Cara Mengutip

Sri Hartini. (2021). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MULTIMEDIA PADA SISWA KETERBATASAN INTELEKTUAL. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 1(1), 1–9. Diambil dari https://jpbp.unbp.ac.id/index.php/jurnalpendidikan/article/view/33