ANALISIS PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT AL-FURQON

Penulis

  • Weny Windasari IAIN Palangka Raya
  • Istiyati Mahmudah IAIN Palangka Raya

Kata Kunci:

YouTube, media ajar, matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengunaan YouTube sebagai media ajar dalam pembelajaran matematika di kelas IV di SDIT Al-Furqon. Latar belakang penelitian ini berasal dari kebutuhan untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran matematika yang inovatif di tingkat SDIT Al-Furqon, terutama di kelas IV. YouTube muncul sebagai sumber media pembelajaran yang menarik dan mudah diakses, menawarkan potensi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan fokus pada satu responden. Melalui eksplorasi materi YouTube berjudul "Angka Pembulatan: Fase B Kelas 4". Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunan YouTube dalam pembelajaran matematika di kelas IV dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa YouTube dapat menjadi media ajar yang efektif dalam pembelajaran matematika jika digunakan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik mendapatkan pelatihan dalam memanfaatkan YouTube secara efektif sebagai media ajar.

Referensi

Amada, N. Z., & Hakim, A. (2022). Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.612

Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 13–21. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Fitria, N., Munandar, D. S., & Arifudin, O. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 12(03). https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4660

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 7–11.

Husnita, L., Maq, M. M., Sembiring, I. M., Pandia, B. S., & Dhaniswara, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan. Journal Of Social Science Research, 3(4), 4879–4887. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Iin, S. I. (2023). Peran Media Pembelajaran “Papan Pintar” Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2923–2936.

Istiqomah, K., Ulya, A. G., Linsiana, S., & Rofiq, M. (2023). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 51–63. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66

Kurniawati, D., & Sutiarso, S. (2022). Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa SMA Pada Konsep Kalkulus. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2908–2922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1464

Nur Setiyana, F., & Kusuma, A. B. (2021). Potensi Pemanfaatan Youtube dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 71–90. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains

Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534.

Priyanti, N. M. I., & Nurhayati, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 96–101.

Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841

Rasman, R. (2021). Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2).

Rosyidah, A., Hasanudin, C., & Marzuki, I. (2023). Pemanfaatan Media YouTube untuk Pembelajaran Mendongeng Era Digital. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 8–15.

Siregar, K., SRI, M., & Harahap, Y. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Youtube. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3).

Tamaji, S. T. (2023). Media Pembelajaran Berbasis IT. EDU-KATA, 9(2), 165–174.

Tamara, Y. D., & Anas Thohir, M. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 05(03), 454–462.

Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722.

Tinambunan, T. M., & Siahaan, C. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Di Kalangan Pelajar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 14–21. www.youtube.com

Vanchapo, A. R., Halik, A., Arifin, N. Y., Pahmi, P., & Prabowo, I. A. (2023). Pemanfaatan Media Youtube Channel Untuk Mendukung Pembelajaran Elektronik Learning pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan. Journal Of Social Science Research, 3, 2016–2025. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Yamin, M., Sultan, L. P., Hidayah, M., Mochammad, R. S., Zailani, M., & Kautsar, E. W. (2022). Mengembangkan Pembelajaran Dengan Media Youtube Pada Mata Pelajaran PAI di SMA. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(2), 161–172. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/5905.

Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Windasari, W., & Istiyati Mahmudah. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDIT AL-FURQON. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 2(2), 1–8. Diambil dari https://jpbp.unbp.ac.id/index.php/jurnalpendidikan/article/view/24

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.