PERKEMBANGAN ALAT PERAGA MENGHITUNG LUAS DAN KELILING PERSEGI SATUAN GUNA MEMPERMUDAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
Propos, Area, Perimeter, Square, MathematicsAbstrak
Matematika memiliki karakteristik unik sebagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan konsep dan ide abstrak yang memerlukan pemahaman konkrit, terutama dalam konteks pengajaran konsep dasar seperti menghitung luas dan keliling persegi satuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengembangan alat peraga sebagai sarana untuk memfasilitasi pemahaman konsep dasar matematika, khususnya luas dan keliling persegi satuan, serta untuk meningkatkan keterampilan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket yang mengevaluasi penggunaan alat peraga dan dianalisis dengan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan alat peraga ini telah teruji dan layak digunakan. Selain itu, alat peraga tersebut memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar siswa, seperti tercermin dari partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran, terutama dalam pemahaman konsep luas dan keliling persegi satuan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk mengintegrasikan penggunaan alat peraga dalam metode pengajaran matematika, serta untuk terus mengembangkan dan menyesuaikan alat peraga tersebut agar sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa.
Referensi
Arikunto, S. (2013). Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Basiran, B., Supriadi, S., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Spasial Siswa SD Kelas V Di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 1148–1154. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16530
Djudin, T. (2013). Model Pembelajaran Synectics : Suatu Tawaran Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 176–186.
Hartanto, S. (2010). Peningkatan Kemampuan Menghitung Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Penggunaan Media Petak Persegi Satuan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hikmah, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika, Media Jaring-Jaring terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 61. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.3063
Kemendikbud. (2016). Buku 4: Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Pembelajar. Dirjen GTK.
Mudjiran. (2021). Psikologi Pendidikan: Penerapan Prinsp-Prinsip Psikologi dalam Pembelajaran. Kencana.
Mulyono, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan dalam Mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang. Universitas Semarang.
Rusfendi, & Rusdi, R. (2019). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1–12.
Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA-UP.
Ulandari, S., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Jari Baru (Jaring-Jaring Bangun Ruang) Berbasis Inkuiri pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI SDN 02 Pejanggik Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 216–222. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.428
Uno, B. H., & Mohamad, N. (2017). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik-Cet.7. Sinar Grafika Offset.